Tidak Disangka Ini Bahaya Charging HP di Mobil

Nissan Bandung – Memiliki Gadget seperti telepon seluler pintar untuk saat ini sudah menjadi barang wajib, namun biasanya telepon pintar ini lebih boros mengkonsumsi daya baterai, penyebabnya adalah pada telepon pintar selalu terhubung ke jaringan internet, dan juga selalu aktif aplikasi yang terinstal di dalamnya seperti aplikasi sosial media dan kawan-kawannya.

isi-baterai-hp-di-mobil

Karena alasan cepat terkurasnya daya pada baterai telepon pintar atau sering disebut Smartphone ini, penggunaan Powerbank dan Charger Portable untuk dapat nge charge di dalam mobil melalui jalur pematik api, di sisi kemudahan memang memanfaatkan Charging di dalam mobil sangat membantu, apalagi jika Anda adalah seorang dengan mobilitas yang tinggi, tetapi disamping kemudahan dan simple tersebut ada bahaya yang menyertainya?

Kenapa Charging HP di dalam Mobil Berbahaya?

Daya yang didapat dari  pemantik api (lighter) efek paling ringan adalah memperpendek usia baterai pada hp. Kenapa? Ini karena tegangan listrik dari mobil kurang stabil yang disebabkan karena putaran mesin mobil naik turun, terlepas dari Aksesoris yang digunakan Asli atau palsu fungsinya sebenarnya sama yaitu untuk mengisi baterai, yang membedakan adalah sumber arus untuk melakukan charging. Jika kita menggunakan charger rumah arus arus bolak balik (AC/ alternating current) 220 volt, tetapi jika menggunakan car charger menyesuaikan kelistrikan mobil yang pakai arus searah (DC/ direct current) 12 volt. Kejadian cepat mengembungnya Baterai Smartphone Anda bisa saja terjadi saat mobil berjalan karena terjadi recharging dari alternator ke aki.

Baca Juga :

Atau juga karena hidup-matinya kelistrikan dalam menyalurkan arus listrik ke komponen-komponen sistem kelistrikan seperti lampu penerangan mobil, pendingin AC, audio, dan lainnya. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada tegangan output alternator. Dampak selanjutnya yaitu selain baterai hp dapat menjadi menggembung atau gemuk dan yang paling ekstrem yaitu meledak. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan bukan?

Tenang ini bukan Menakut-nakuti, setidaknya mencegah lebih baik kan? Lalu bagaimana cara agar Ngecharge di dalam mobil lebih Aman?

Berikut adalah Tips Aman Charge menggunakan Lighter di Mobil

  1. Jauhkan smartphone dari benda atau barang-barang yang mudah terbakar seperti kertas, busa, dan juga kain.
  2. Selalu Menggunakan baterai dan charger yang memiliki kualitas bagus sesuai dengan standar  (produk asli bukan tiruan).
  3. Menghentikan proses charger hp jika hp atau charger tiba-tiba mendadak panas.
  4. Jangan menerima panggilan telfon atau jangan menelfon ketika hp atau smartphone sobat sedang dicharge.
  5. Jauhkan hp dari sinar matahari langsung atau sumber panas lain yang berlebihan ketika menaruh hp.

Tetap Aman kok jika kita selalu waspada dan mengikuti sesuai buku panduan produk yang ada, Justru yang paling berbahaya adalah menyetir sambil memainkan HP, Contoh Main Game Pokemon atau Nonton Youtube Sambil Nyetir ini kan Extreme bangat ya Gaes? 🙂

 

Save

Save

Save

Tidak Disangka Ini Bahaya Charging HP di Mobil
Berbagi ke Teman :
Tagged on:             
 
Pilih Mobil Datsun Go Baru Atau Grand Livina Bekas (Second)? – LCGC atau Second?

Pilih Mobil Datsun Go Baru Atau Grand Livina Bekas (Second)? - LCGC atau Second? Nissan Bandung -...

Close