Bagus Mana Pemakaian Busi Iridium,Platinum atau Chooper Buat Mobil Anda?

Nissan Bandung – Perawatan Mobil yang paling mudah dilakukan bahkan bisa dikerjakan sendiri yaitu mengganti busi mobil, eit tidak semua pada merk mobil dapat dengan mudah diganti businya oleh sendiri tanpa bantuan mekanik profesional ya.. ūüôā Pada mobil modern seperti sekarang mengganti busi semakin rumit dan memerlukan banyak waktu. oleh karena itu pemilihan Busi dengan ketahanan dan Masa pakai yang panjang akan mengurangi periksa dan ganti busi, ini akan menghemat pengeluaran sekaligus tidak sering kerepotan karena ingin ganti busi.

Mengganti busi mobil dengan tepat atau sesuai dengan peruntukan akan menambah awet dan nyaman ketika mobil dikendarai, semua kita tau jika komponen ini adalah salah satu sumber pengapian vital pada mesin mobil.

busi-iridium

Image :

Pemilihan busi yang cocok untuk mobil tentu menjadi keharusan, terlebih jika memang mobilitas kita sebagai pemakai mobil sangat padat sesuai kesibukan kita. Lalu Bagus Mana Pemakaian Busi Iridium,Platinum atau Chooper Buat Mobil Anda?

  • 1. Pemakaian Busi Biasa /Standard

Busi Standard atau Busi biasa adalah busi normal yang hanya mengandalkan elektroda biasa tanpa embel-embel tambahan apapun, Masa pakai untuk busi ini adalah 20.000Km untuk pemakaian pada mobil. Busi ini paling banyak di pasaran karena pemakaian untuk busi jenis ini lebih cepat aus, terutama jika dipakai pada sepeda motor.

  • 2. Pemakaian Busi Platinum

Busi platinum dibuat untuk mengatasi gejala terkikisnya elektroda tengah pada busi standar. Dengan tambahan material platinum pada ujung elektroda tengah, yang biasanya elektroda tengah  cepat aus  (pada busi standar) akan lebih awet. Platinum yang dipasang pada elektroda tengah biasanya berbentuk seperti koin kecil, ada juga yang berbentuk seperti jarum kecil di tengah.

Masa pakai untuk Busi ini bisa mencapai 100.000km adalah salah satu kelebihan yang diperoleh jika anda menggunakan busi jenis ini, kelebihan lain adalah tidak perlu menyetel gap pada celah busi karena pada busi jenis ini tidak terjadi keausan berbeda dengan busi Standard.

  • 2. Pemakaian¬†Busi Iridium

Teknologi pengapian pada busi terus berkembang diantaranya pada material bahan untuk pembuatannya, Pemakaian Iridiu sebagai bahan penghatar muatan listrik , bahan ini dinilai lebih kuat dan tahan lebih lama dibandin  busi Platinum, Hingga masa pakai untuk busi jenis ini adalah 240000Km.

denso_iridium_zuendkerzen_beispiel

Image : warungdohc.com

Keunggulan lain pada busi iridium adalah bentuk elektroda kecil seperti jarum, pengapian akan lebih fokus dan lebih kuat. Busi iridium  sudah lebih kuat dari pada platinum, maka busi iridium ini bukan hanya sekedar lebih tahan lama saja, tetapi akan memberikan nilai lebih dalam hal pembakaran yang lebih optimal karena nyala api busi lebih baik.

Baca Juga :

Penggunaan Busi Jenis Platinum dan Iridium  ini sangat cocok digunakan pada mesin-mesin modern yang rumit. Paling mudah kita lihat saja mesin Nissan Livina , karena untuk bongkar-pasang busi membutuhkan waktu yang lama dan pembongkaran komponen mesin lain yang banyak (karena komponen mesin lainnya menghalangi akses ke busi). Maka penggunaan busi yang cocok untuk mobil tersebut adalah  menggunakan busi iridium.

Penggunaan Busi

Dari masing masing jenis busi diatas dapat kita ambil kesimpulan tujuan pemilihan busi yang tepat untuk mesin mobil kita adalah selain performa mesin, yaitu  Ketahanan dan masa pakai dari busi tersebut,  karena makin sering periksa atau ganti busi, maka akan membuat kita makin repot atau makin keluar biaya lebih banyak hanya karena ongkos bongkar pasang yang rumit.

 

Save

Save

Bagus Mana Pemakaian Busi Iridium,Platinum atau Chooper Buat Mobil Anda?
Berbagi ke Teman :
 
Nissan XTrail Hybrid, SUV Pertama di Kelasnya

Nissan XTrail Hybrid, SUV Pertama di Kelasnya Nissan Bandung - Nissan sangat mengerti akan perkembangan kebutuhan global...

Close